Latihan Dasar Kepemimpinan Tahun Pelajaran 2024/2025

Pada tanggal 14-15 September 2024 SMK Sakti Gemolong mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan yang dibuka oleh Kepala SMK Sakti Bapak Heru Setyoko, S.Pd, M.Pd dengan mengusung tema “Membentuk Kader-Kader Pemimpin Yang Berkualitas, Akademis, Berkompeten, Bertanggung Jawab dan Berdedikasi.”

Kepemimpinan adalah keterampilan yang sangat penting untuk dikembangkan sejak dini, terutama di lingkungan sekolah. Latihan dasar kepemimpinan dapat membantu siswa belajar bagaimana memimpin dengan efektif, berkolaborasi dengan orang lain, dan membuat keputusan yang baik. Berikut adalah beberapa aspek penting dalam latihan dasar kepemimpinan di sekolah.

  1. Pemahaman tentang Kepemimpinan
  • Definisi Kepemimpinan: Memahami bahwa kepemimpinan bukan hanya tentang memberi perintah, tetapi juga tentang menginspirasi dan memotivasi orang lain.
  • Karakteristik Pemimpin yang Baik: Siswa perlu mengenali sifat-sifat seperti integritas, empati, dan visi.

  1. Komunikasi yang Efektif
  • Pelatihan Berbicara di Depan Umum: Siswa dapat berlatih berbicara di depan kelas untuk membangun kepercayaan diri.
  • Mendengarkan Aktif: Mengajarkan siswa untuk mendengarkan dengan penuh perhatian dan menghargai pendapat orang lain.
  1. Kerja Tim dan Kolaborasi
  • Proyek Kelompok: Mengorganisir proyek kelompok yang mendorong siswa untuk bekerja sama dan berbagi tanggung jawab.
  • Role Playing: Simulasi situasi kepemimpinan di mana siswa dapat mengambil peran pemimpin dan anggota tim.
  1. Pengambilan Keputusan
  • Diskusi Kasus: Menghadirkan situasi nyata atau hipotetik dan meminta siswa untuk mendiskusikan solusi yang mungkin.
  • Analisis Risiko: Mengajarkan siswa untuk mempertimbangkan pro dan kontra sebelum membuat keputusan.
  1. Manajemen Waktu
  • Perencanaan Kegiatan: Membantu siswa belajar cara merencanakan dan mengatur waktu untuk mencapai tujuan.
  • Prioritas Tugas: Mengajarkan cara menetapkan prioritas dalam tugas sehari-hari.
  1. Refleksi dan Umpan Balik
  • Jurnal Refleksi: Mendorong siswa untuk menulis tentang pengalaman mereka dalam kepemimpinan dan apa yang telah mereka pelajari.
  • Sesi Umpan Balik: Mengadakan sesi di mana siswa dapat memberikan dan menerima umpan balik tentang keterampilan kepemimpinan mereka.
  1. Kegiatan Ekstrakurikuler
  • Organisasi Siswa: Melibatkan siswa dalam organisasi siswa yang memberikan kesempatan untuk mempraktikkan kepemimpinan.
  • Kegiatan Sosial: Mendorong siswa untuk terlibat dalam kegiatan sosial atau pengabdian masyarakat yang membutuhkan kepemimpinan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *